Bocoran Fitur terbaru Windows 7

Jakarta, Microsoft baru saja memamerkan sistem operasi teranyar mereka, Windows 7, untuk pertama kalinya di Indonesia. Lebih dari 50 fitur baru dibenamkan dalam OS ini. Windows 7 sepertinya memang dibuat untuk menyempurnakan sang pendahulu, Windows Vista. Hal itu terlihat dari tampilan user interface-nya yang tak berbeda jauh dengan Vista.

Mengubah Tampilan Windows Dengan TrueTransparency

Saat ini ada banyak sekali software yang dapat digunakan untuk mengganti tampilan Windows, misalnya dengan transformation pack yang pernah di tulis di sini, WindowBlinds, Talisman, dan sebagainya. Salah satu “kelemahan” dari transformation pack adalah seringkali membuat Windows kurang stabil alias sering hang.

Mengganti Logo Booting Pada Windows XP

Secara default Windows XP menampilkan logo bendera pada saat proses booting Windows XP. Barangkali kamu sudah bosan dengan logo tersebut dan pengen mengganti dengan logo lain yang lebih menarik.

Need For Speed Under Cover

Satu game PC yang belum sempat tak coba. Kayaknya bagus, sama seperti versi-versi sebelumnya yang ga kalah bagusnya. Hmm, penasaran pingin main jadinya, hahaha..

Hampir semua orang menyimpan datanya didalam folder My Documents. Folder ini memang folder standard dari komputer untuk menyimpan berbagai dokumen kita. Ada satu tips agar kita dapat menyelamatkan data-data yang ada didalam folder My Documents ini, sehingga hilangnya data dapat kita hindari sedini mungkin.


Perlu diketahui bahwa letak 'folder asli' dari My Documents ini ada didalam C:\Documents and Settings\Nama User\My Documents. kamu bisa mengeceknya melalui klik kanan pada folder My Documents lalu pilih Properties. Perhatikan pada kotak Target Folder Location, disitulah sebenarnya data My Documents itu disimpan.

Menyimpan data di lokasi tersebut sebenarnya kurang aman, mengapa?. kalau suatu saat komputer kita error (tidak bisa masuk ke Windows misalnya) sehingga tidak ada jalan lain untuk membetulkan komputer kita kecuali dengan memformat Windows, maka susah bagi kita untuk menyelamatkan data My Documents tersebut karena letaknya ada di C, dan begitu melakukan format Windows maka secara otomatis seluruh data yang ada di My Documents 'akan terhapus'. Memformat Windows sama saja dengan menghapus 'seluruh data' yang ada di drive / partisi C.

Memang masih bisa untuk diselamatkan, antara lain dengan mengkopi folder My Documents tersebut ke drive lain (seperti drive D, E dsb) melalui DOS, atau memindahkannya melalui kopi hardisk (hardisk kita dipasang di komputer orang lain), namun cara-cara diatas cukup merepotkan bagi kita. Ada satu trik agar kita dapat menyelamatkan data di My Documents yakni dengan memindahkan target dari letak My Documents tersebut ke partisi lain, misalkan D, E dsb.

Caranya cukup mudah, yakni:

*
Klik kanan pada Start lalu pilih Explore
*
Pada partisi / drive selain C (misalkan di drive / partisi D), buat folder baru dengan nama Dataku (atau nama lain sesuka kamu)
*
Klik kanan pada folder My Documents lalu pilih Properties
*
Klik tombol Move…. Pada kotak yang muncul, cari folder yang kamu buat tadi. kalau sudah, klik OK - OK. Pada kotak yg muncul, klik Yes.

Kamu bisa cek:

Isi folder My Documents = Isi folder Dataku (pada drive / partisi D)

Dengan demikian, kalau suatu saat komputer kamu error sehingga harus di format Windows, maka seluruh data My Document akan selamat sebab tidak lagi disimpan di drive C, melainkan sudah dipindahkan ke drive D.

Hal ini sangat penting dilakukan mengingat banyak orang yang kehilangan datanya yang berada di My Documents sewaktu dilakukan format Windows. kalau tips ini kamu lakukan, maka kejadian seperti tadi tidak akan menimpa pada kamu.
Keterangan :

*
Format Windows adalah proses untuk menginstal ulang Windows, dengan kata lain Windows kamu diganti dengan yang baru 'secara total'
*
Drive / Partisi adalah pembagian lokasi hardisk untuk penyimpanan data di komputer. kalau kamu membuka Windows Explorer maka biasanya akan terlihat tulisan (C), (D), (E) dan sebagainya. Bagian-bagian tersebut berguna untuk 'membagi-bagi' lokasi penyimpanan data kita. Kecuali drive / partisi untuk CD-ROM/DVD-ROM, drive / partisi ini tidak berfungsi untuk menyimpan data tapi berfungsi untuk membaca kepingan CD / DVD.

0 Response to "Menyelamatkan Data 'My Documents'"

Posting Komentar

ShoutBox


ShoutMix chat widget

Labels

Google bot last visit powered by Bots Visit